kata-kata

hari ini gue dapet bulletin yang minta diisi hanya dengan satu kata yang bisa bener-bener menggambarkan masing-masing kategori. terus, gue mentok. entah kenapa, di setiap kategori itu (tadinya) gue secara otomatis menjawab dengan kalimat atau setidaknya frase. Yang pasti bukan hanya satu kata.

Terus akhirnya gue kepikiran,, kenapa ya sekarang kok bahasa indonesia seperti hampir ‘mati’ ? Coba pikir, berapa banyak kata-kata yang kita gunakan sehari-hari kan sebenernya udah bukan bahasa indonesia yang baku, dan banyak sekali yang kata serapan dari bahasa asing (gue jadi pingin baca buku yang judulnya 9 dari 10 kata bahasa indonesia adalah serapan..bener nggak yah judulnya, gue cuma pernah liat sekilas di toko buku, ada yang mau minjemin??)

Nah terus, gue kepikiran juga… kayaknya sekarang ini yang namanya kata-kata itu sudah diumbar habis-habisan, di-exploit sedemikian rupa sampai-sampai banyak sekali kata yang sudah bergeser maknanya (majas apa hayo kalo di pelajaran bahasa indonesia???).

Kita udah terbiasa untuk membungkus maksud hati (yang seringkali tidak mulia) dengan kata-kata yang indah dan berukir-ukir.. sampai-sampai kata-kata bisa dengan mudahnya keluar dari mulut kita, tapi nggak dihayatin beneran..

Intinya : speak.

BAru-baru ini di kantor gue diminta untuk menerjemahkan dokumen yang sifatnya formal, dari bahasa inggris ke indonesia dan sebaliknya… gue berusaha dong untuk bikin yang versi Indonesia-nya beneran pake bahasa indonesia yang baik. Tapi jadi terlalu panjang. Nah terus consultantnya komentar : ternyata bahasa Indoensia itu nggak kaya ya?

Bingung gue, karena menurut gue sebenernya bahasa Indonesia itu kaya kok. dan Indah bunyinya.. gimana nggak kaya? jelas-jelas suku di Indonesia banyak banget dan pasti kan masing-masing nyumbang beberapa kata ke perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Cuma masalahnya ya itu dia… nggak dibakukan, jadi nggak ada standardnya, kata ini artinya apa, ini artinya apa. Sementara kata-kata yang baku, jarang sekali dipakai, maka jelas aja kalau orang-orang jadi nggak kenal lagi dengan kata-kata itu…

2 thoughts on “kata-kata

  1. menurut gue orang indonesia nggak bangga sih sama kebudayaan sendiri. kayanya ‘aku cinta indonesia’ yang diulang berkali2 waktu kita sekolah cuman slogan belaka. gue sadar waktu gue di amrik. orang2 disini kayanya ngerti banget sejarah negara mereka. trus mereka juga tau ciri khas paling nggak tempat tinggal mereka kalo nggak ciri khas amerika yang gede banget. gw paling benci sekaligus malu sendiri kalo ditanya, “jakarta populasinya seberapa besar?” jawabannya apa yah…😛 orang sini biasanya pasti tau jumlah penduduk kota tempat tinggal mereka loh!

    Soal kata-kata, gue ada cerita pendek. Orang suka tanya, “bhs indonesianya ‘Hi’ apa?” Gue biasanya jawab hai ato halo.
    “bhs indonesianya ‘Goodbye’ apa?” Gue spontan jawab, “daaaa…!!” eh, mestinya sampai jumpa ato selamat tinggal yah?😛

  2. Permasalahannya adalah orang Indonesia DiBENTUK dari berbagai suku bangsa, masing2 blum bisa lepas dan masih ‘bangga’ dengan kesukuannya (disadari atau tidak disadari!).

    Lagian juga sebenernya apaan sih Bahasa Indonesia itu??? yang ada di KBBI??? itukan hampir 90% serapan dari Sansekerta, Arab, Belanda dan Melayu, jadi yang ‘pure’ bahasa Indonesia mana??? Jawabnya pasti masih sama dengan klo kita ditanya “apakah kebudayaan Indonesia itu??” jawabnya “pucuk-pucuk kebudayaan dari masing-masing daerah”. Itu kan sama artinya dengan bilang semua kosakata yang ada di KBBI itu bahasa Indonesia. Berarti bahasa apapun itu (termasuk serapan dari English), selama sudah ada di KBBI ya berarti Bahasa Indonesia.

    Buat contoh, orang Jepang bangga banget ama Bahasa mereka, tapi sebenernya Bahasa Jepang itu kan serapan dari Bahasa Cina. Jadi menurut gw sih, pemakaian bahasa serapan bukan berarti luw gak bangga dengan Bahasa Indonesia, tetapi lebih dikarenakan Bahasa Indonesia sampai sekarang masih terus berkembang dan mencari jati diri-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s