Pancake Parade

Minggu lalu coba bikin strawberry pancakes. Gagal total malihhh.

Biasanya nih, pancake bikinan gue gak pernah gagal. Berhubung resepnya gampang banget, asal step-stepnya diikutin dgn baik dan benar, pasti jadinya pancake yang lembut di mulut. Tebel-tipis bisa diatur, tergantung selera aja.

Resepnya lupa dari mana, entah dr http://www.allrecipes.com atau dr websitenya Nigella Lawson.

Waktu itu pernah juga di rumah gak ada susu biasa, terus gw ganti sama susu Bear Brand yang White Malt. Trus tambahin kayu manis dikit. Pancakenya jadi ada sedikit rasa yang lain, kayak cornflakes aroma kayumanis. Yum!

Nah, kemarin mau coba bikin blueberry pancakes-nya nigella. Tapi berhubung di Indonesia blueberry mahalnya setengah edan, jadi diganti strawberry aja.

Tapi sayangnya, pancakenya gak bisa dipikin tipis2, karena strawberrynya berat jadi pas diangkat ketinggalan dan jadi bolong2. Terus karena air didalem strawberrynya keluar terus saat digoreng, jadinya pancakenya agak basah2.

Kayaknya gue tau sih salahnya dimana :
1. Motong strawberrynya kurang kecil2
2. Ngocok putih telurnya agak terlalu heboh, jadi adonannya terlalu lembut dan gak bisa menyangga strawberry yang berat itu.
3. Ternyata mentega yg gue pake buat goreng adalah margarin yang rasanya asin banget. Besok2 harus baca dulu tempatnya. Harusnya unsalted butter aja ya :p

Anyway, siapa tau ada yang mau coba, ini resep basic pancake-nya yaa : Bahan2 :
1 butir telur, pisahin kuning sama putihnya
125 gr tepung terigu
10 gr gula pasir
2 gr garam
5-7 gr baking soda
235 ml susu
30 ml jus apel atau minyak sayur
250 gr buah potong (ini kalau mau pake buah)

Cara membuat :
1. Campur susu, jus apel/minyak sayur, kuning telur jadi satu 2. Masukkan bahan2 kering (tepung, baking soda, garam, gula). Aduk.
3. Di mangkuk terpisah, kocok putih telur sampai berbusa, mengembang dan agak kaku 4. Masukkan putih telurnya ke adonan, diaduk perlahan.
5. Goreng dengan wajan teflon di atas api kecil sampai muncul gelembung2 di permukaan pancake, balik dan masak sampai matang.

Kalau mau pake buah yang agak besar (apel, pisang), potong2, lumatkan dan masukkan di adonan bersama tahap 1.
Kalau buahnya kecil2 aja (strawberry, blueberry), masukkan di tahap keempat bersama putih telur.

Yah, selamat mencoba sodara sodari, semoga sukses. Untuk yang udah pernah nyoba bikin pake buah-buahan, kasih tau aku rahasianyaaa dooooong!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s