Bersatu untuk Sesuatu?

Belakangan ini jiwa Nasionalisme orang-orang Indonesia serta-merta bangkit membahana. Berawal dari serangan bom teroris yang kemudian memicu gerakan bernama Indonesia Unite. Saya sendiri belum paham betul mengenai gerakan ini. Siapa pencetusnya, apa filosofi dasarnya, apa agendanya? Tapi di beberapa situs jejaring sosial macam twitter dan facebook, gerakan ini begitu dielu-elukan. Mungkin karena trend?

Tapi mungkin juga salah satu daya tarik utamanya adalah karena gerakan ini masih mencari bentuk, sehingga kaum muda Indonesia bebas menginterpretasikan, memberi saran, berkontribusi dan berkolaborasi dalam gerakan ini. Di tengah kondisi yang serba korup (meskipun sedang berupaya digerus), pembangunan dan akses informasi yang tidak merata, maka tidak heran bahwa mayoritas kaum muda Indonesia bersikap apatis terhadap perkembangan negeri. Tidak ada rasa memiliki, karena mayoritas kebijakan hanya pro pada kalangan tertentu, dan kalangan tersebut bukan kita kaum muda. Kalaupun ada kebijakan yang dasarnya bagus, selalu melempem di implementasi. Akhirnya banyak yang merasa hanya ‘numpang lahir’ dan akhirnya memilih menjadi ‘TKI’. Mencari nafkah dan aktualisasi diri di negeri orang, yang dirasa lebih bisa mengapresiasi dan ‘memanusiakan’ bakat dan minat kita.

1 bulan setelah gegap gempita Indonesia Unite, belum terlihat aksi konkrit (atau mungkin saya saja yg belum terinformasikan). Disana dan disini muncul beberapa kegiatan dengan tempelan Indonesia Unite. Ada acara musik, photoshoot, dll. Tapi baru sebatas itu yang saya lihat.

Sedangkan kehidupan berjalan seperti biasa, mulai dari perdebatan pemilu presiden, budaya Indonesia yang ‘diakui’ sebagai budaya bangsa lain, dan masih banyak lagi. Lama kelamaan status #indonesiaunite di twitter mulai diisi dengan hal2 yang semakin trivial. Balon momentum yang sudah dibangun perlahan-lahan kempes tanpa bentuk. Benarkah? Semoga tidak. Semoga ini hanya akibat dari lingkup saya yang sempit sehingga tidak mengetahui bahwa di luar sana masih banyak orang Indonesia yang berjuang untuk sesuatu. Semoga hanya apati saya yang berbicara.

Dan betul saja, beberapa rekan sudah menuliskan di blog masing-masing interpretasi mereka sendiri untuk #indonesiaunite. Perjuangan mereka sendiri. Mulai dari berkampanye untuk Indonesia yang lebih hijau, atau menggiatkan donor darah. Semua sah-sah saja. Justru mungkin inilah yang harus dilakukan. Daripada menunggu ‘dikoordinasikan’ oleh orang lain untuk tujuan entah apa, ini saatnya kita menentukan arah sendiri. Mungkin #indonesiaunite adalah semangat, angin yang berhembus. Kita yang perlu mengemudikan kapal layarnya, menentukan untuk apa semangat itu digunakan.

Secara pribadi, saya sendiri seperti ditampar. Tadinya posting ini saya tulis dalam bahasa inggris seperti sering saya lakukan. Tapi kemudian saya sadar bahwa sepertinya lama kelamaan bahasa Indonesia mulai tergerus, dan jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi memang membuat kita semakin akrab dengan bahasa itu. Tapi apakah perlu sampai menggantikan bahasa ibu? Jangan sampai perlahan kita lupa, lalu kesastraan kita yang kaya itu kemudian dicaplok oleh bangsa lain (seperti sudah terjadi pada banyak produk budaya kita).

Maka, mungkin itu yang akan menjadi perjuangan saya. Saya tidak muluk, tidak bermaksud untuk membuat gebrakan besar (atau mungkin belum). Seperti yang pernah diucapkan salah seorang dosen saya : Mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang.

Sebagai salah satu upaya untuk melestarikan bahasa Indonesia, saya akan lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia. Semoga anda-anda juga🙂

#indonesiaunite !

NB : mohon maklum bahwa ini adalah opini pribadi saya. Apabila ada yg kurang tepat, atau ada informasi yg lebih akurat tentang #indonesiaunite, saya sangat terbuka untuk mendengar🙂

One thought on “Bersatu untuk Sesuatu?

  1. itu pertanyaan besar untuk semua orang kaya’nya ya.. apa sih yang udah kita perbuat secara nyata untuk bangsa ini?!😉

    anyway, boleh banget lho kalo postingan yang itu dilink kemari😀

Leave a Reply

