obrolan emak-emak

Belakangan ini lagi banyak banget teman-teman yang berstatus bumil maupun busu untuk pertama kalinya. Dan tampaknya salah satu keluhan yang paling sering saya dengar adalah -mengutip dari posting neng manis ini- semua orang merasa berhak beropini.
Semua orang merasa berhak memberikan segala macam komentar, saran, bahkan sampai instruksi, tentang cara mengurus kehamilan maupun bayi yang baik dan benar. OK mungkin ada beberapa nasihat yang cukup berdasar dan common sense aja, tapi yang saya tangkap dari teman-teman saya ini, yang nggak bisa diterima dan bikin pengen nabok adalah nada-nada menghakimi seolah-olah cara mereka mengurus anak itu salah.
Padahal ya, peran baru sebagai orang tua itu kan cukup menakutkan. Tiba-tiba dititipin makhluk mungil tak berdaya yang nggak bisa bicara bahasa manusia. Mana emaknya ngerti tu anak nangis gara-gara apa? Dan menurut saya tidak ada perasaan yang lebih menyiksa daripada melihat orang yang kita sayang (si anak) menderita, dan kita nggak tahu bagaimana cara membuat keadaan jadi lebih baik.
Di tengah keputusasaan seperti itu, saran bertubi-tubi dari orang lain yang seringkali kontradiktif, justru membuat newbie parents and parents to be ini ingin bakar diri saking bingungnya.
There is no foolproof way of parenting. There are only theories, and common sense. Because every child has different needs, different responses, different personalities.
Jadi teman-temanku wahai bumil dan mamah2 baru, SEMANGAT YAAA! Dan suatu hari nanti dikala saya berada di posisi kalian, janganlah membuatku bingung. Atau lebih parah, kalau suatu hari nanti saya sok-sok kasih nasihat tentang parenting, SILAKAN TAMPAR SAYA KERAS-KERAS!!!

One thought on “obrolan emak-emak

Leave a Reply

