When Life Gives You Lemons…

Make Cupcakes!!!

Lemon cupcakes that is.

20130411-160037.jpg

———– updated April 17th ———–

sesuai request dari Nyonya Sepatu, berikut resep yang dipakai untuk bikin Lemon Cupcakes di atas. Resepnya seperti biasa nyontek dari pembuat cupcake idolaku yang sayangnya sudah nggak blogging lagi :( Cheryl Porro is a cupcake goddess, so much that there were several lemon cupcakes recipe she concocted as can be seen here, here, here, here and here. Untuk percobaan kali ini, saya mencoba resep yang ini, tapi dibagi 2 supaya hasilnya juga nggak terlalu banyak. Di resep aslinya tertulis hasilnya bisa jadi sekitar 28 cupcake ukuran normal, tapi orang rumah lebih suka yang mini size.

Untuk ukuran bahan baku, biasanya saya konversi ke ukuran gram dan liter supaya lebih akurat (contekan bisa dilihat di sini, thanks to Metariza buat reference infonya). Berhubung kemarin sedang agak malas-malasan jadi saya nurut resepnya aja dengan berbekal measuring cups.

The Recipe : Lemon Cupcakes

Find the original recipe here. I halfed the recipe to make smaller cakes.

Bahan-bahan (hasilnya sekitar 30 cupcake mini) :

  • 1 stick mentega (jangan lupa pakai yang unsalted), dikeluarkan dari kulkas dan dibiarkan supaya mengikuti suhu ruangan.
  • 1 cup gula pasir
  • 2 butir telur besar
  • 11/8 cup tepung terigu –> itungannya ribet ya? ini akibat resepnya dibagi 2 hehehe
  • 3/4 sendok teh baking powder
  • 1/16 sendok teh garam
  • 3/8 cup susu
  • 1/8 cup air perasan lemon
  • zest (parutan kulit) 1 buah lemon

Cara membuat :

  1. Siapkan oven pada suhu 375 Celcius
  2. Aduk mentega yang sudah sesuai suhu ruangan dengan mixer (high speed) — sekitar 30 detik
  3. Masukkan gula, turunkan kecepatan mixer ke medium high, sampai adonan terlihat halus dan ringan — sekitar 3 menit
  4. Masukkan 1 butir telur, mixer selama 30 detik, kemudian masukkan telur kedua
  5. Dalam mangkuk terpisah, ayak campuran bahan kering : tepung terigu, baking powder dan garam
  6. Masukkan 1/3 bagian bahan kering ke dalam adonan, aduk dengan mixer.
  7. Masukkan 1/2 bagian susu, aduk dengan mixer
  8. Ulang tahap 5 dan 6 sampai bahan habis
  9. Masukkan air perasan lemon dan parutan kulit lemon, aduk dengan mixer
  10. Masukkan dalam cetakan
  11. Masukkan oven, turunkan suhu hingga 350 Celcius
  12. Panggang selama 22-25 menit. (supaya lebih pasti, cek kematangan dengan tusuk gigi).

The Result

Menurut saya ini ENAK BANGET. The flavor was citrusy yet sweet. Jadi nggak seperti kalau kebayang rasa lemon itu kecut, nah ini justru manis-manis segar. Berhubung suami nggak terlalu suka kue manis, jadi saya dikasih nilai 9 untuk soal rasa.

The texture was fluffy and light. Hampir-hampir mirip sponge cake, mungkin karena waktu mixing saya lebih lama dari yang dianjurkan jadi adonannya ngembang banget. Kalau saya bikin cupcake dari resepnya Cheryl ini memang rata-rata hasilnya fluffy, kayaknya (sok analisa) karena cara dia mencampur adonan kering dan basah sehingga lebih rata teraduk. Soalnya dulu saya bikin cupcake cuma langsung tuang semua adonan kering dan semua adonan basah jadi satu baru diaduk, dan hasilnya nggak sehalus ini adonannya.

The Lessons Learnt

Cacatnya adalah kematangan kue nggak rata, ada beberapa kue yang bagian tengah/bawahnya agak bantet dan kurang matang. Ini murni kesalahan saya sih berhubung sampai saat-saat terakhir saya LUPA MASUKIN TELUR. Hadeeeh begonya keliawatan ini sih hahahaha. Untung belum keburu dipanggang.

Kesalahan kedua adalah saya LUPA NURUNIN SUHU OVEN. Makanya beberapa kue gosong, dan ya itu tadi matangnya nggak rata. Nenek.

Percobaan berikutnya, kayaknya saya mau coba resep lemon cupcake yang lain di blog itu deh hehehe. Selain itu, kemarin cupcake dimakan bugil aja gitu, nggak ada icing atau tambahan apa pun. Niat awal mau dikasih lelehan coklat putih, eh lupa beli coklat putih. Sekarang kayaknya harus berpikir dulu kombinasi apa yang cocok sama rasa lemon manis ini. Doakan!

2 thoughts on “When Life Gives You Lemons…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s